MEDIA PEMBELAJARAN


Peradaban manusia di bangun atas dasar pewarisan ilmu dan pengetahuan serta sikap dari generasi terdahulu dengan generasi yang sekarang. Pewarisan itu terjadi salah satunya melaului proses pendidikan, baik itu pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Proses pendidikan merupakan suatu proses pentransferan nilai, ilmu pengetahuan dan sikap yang pada ujungnya akan membentuk karakater dari peserta pendidikan itu sendiri.
https://gurupemulapembelajar.blogspot.com/
Sebegitu pentingnya sebuah proses pendidikan, seseorang yang bertugas sebagai tenaga pendidik harus benar-benar mampu dan menguasai bidang ilmunya masing-masing maupun karakteristik dan perkembangan mental setiap peserta didik.
Salah satu cara dan teknik untuk mengajar adalah dengan menggunakan Media. Terutama pada anak usia sekolah dasar yang tahapan perkembangannya rata-rata masing dalam tahap Praoperasional Kongkret, dimana suatu kondisi yang peserta didik belum mampu secara utuh memvisualisasikan suatu objek kedalam bentuk lambang atau symbol. Misalnya dalam penjumlahan para pendidik tidak bisa serta merta mengajarkan a+b =c, akan tetapi dengan mengunakan alat bantu semisal pensil untuk menunjukkan bahwa satu pensil di tambah satu pensil sama dengan dua.
Untuk membahas lebih lanjut tentang media, ada baiknya kita simak beberapa pengertian media menurut para ahli antara lain :
1.     Kati Hari Sukasih berpendapat bahwa pengertian media dalam pembelajaran adalah alat dan bentuk lainnya yang digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran. Sebagai contoh sebuah media film yang mengandung pesan agar siswa berbuat baik kepada teman, belajar rajin, dan juga disiplin.
2.     Herry mengartikan media pembelajaran sebagai sarana yang bisa digunakan oleh guru dalam KBM. Ada 3 contoh media pembelajaran yang sering dipakai. Yaitu visual, audio, dan audio visual. Tentunya tidak semua harus digunakan. Sesuaikan dengan kondisi dan keadaan kelas. Untuk alat bantu yang bersifat audio, sebaiknya dilakukan di laboratorium agar lebih tersampaikan informasinya.
3.     Heinich and Molenda memberikan pendapat mengenai media pembelajaran adalah penyalur informasi yang terdiri dari 6 unsur yang saling terikat satu sama lain. Keenam media tersebut adalah audio, visual, proyeksi gerak, teks, manusia, dan miniatur. Masing-masing memiliki fungsi yang secara umum untuk menciptakan suasana belajar yang efektif.
     Jadi dari tiga pengertian diatas dapat kita tarik kesimpulan media pembelajaran setidaknya memiliki beberapa prasarat diantaranya, digunakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran, terdidir atas enam unsur yang salin terikat yaitu audio, proyeksi gerak, teks, manusia dan miniature. Dan yang terakhir media digunakan sebagai sarana menuju pembelajaran yang efektif dan efisien.
      Para sahabat sekalian demikian tulisan kali ini moga member manfaat. Terima kasih.


Share:

Popular Posts

HUBUNGI KAMI

Nama

Email *

Pesan *